Anda penasaran, seperti apa sih contoh bisnis syariah? Sebenarnya, segala bentuk perdagangan yang dilakukan sesuai dengan hukum dan tata aturan Islam maka dapat disebut sebagai bisnis syariah.

Dalam hukum bisnis syariah, pelakunya tak hanya mementingkan keuntungan saja, tapi juga apakah kegiatan jual beli yang dilakukannya bisa mendapatkan ke-ridho-an Allah atau tidak.

Ciri-ciri Bisnis Syariah

Bisnis syariah bukanlah konsep baru dalam dunia bisnis. Ada banyak pelaku bisnis yang saat ini berupaya menerapkan kegiatan jual beli yang sesuai dengan hukum-hukum syariah.

Tujuannya tak lain agar keuntungan yang didapatkan bisa mendapatkan keberkahan dunia dan akhirat.

Sebelum mengetahui apa saja contoh bisnis syariah yang bisa Anda lakukan, Anda perlu mengetahui dulu apa saja ciri-ciri yang menjadikan suatu bisnis dapat dikatakan sebagai bisnis syariah.

Pada umumnya, ada empat hal yang menjadi ciri-ciri dari bisnis syariah, yaitu:

 

#1 Berpijak pada Nilai-nilai Ruhiyah

Ruhiyah merupakan sebuah kondisi yang menggambarkan tingkat kedekatan umat Muslim kepada Allah SWT.

Dalam bisnis syariah, para pelaku bisnis senantiasa mengedepankan ketaatan pada Allah SWT dalam menjalankan kegiatan bisnis yang ia lakukan.

 

#2 Memiliki Pemahaman Mengenai yang Halal dan Haram

Untuk bisa menjalankan bisnis sesuai syariah, Anda perlu memahami apa saja yang menyebabkan suatu bisnis menjadi halal atau haram. Sehingga Anda bisa terhindar dari praktik bisnis yang haram dan tidak sesuai syariat.

 

#3 Mengimplementasi Aturan Secara Syar’i

Dalam bisnis syariah, antara teori dan praktik harus selaras dan sejalan. Sehingga dalam penerapannya, bisnis bukan hanya sekedar melihat kepada untung dan rugi saja.

 

#4 Berorientasi pada Akhirat

Saat menjalankan bisnis syariah, orientasi utamanya adalah akhirat. Anda boleh saja mengambil untung sebesar-besarnya, namun yang utama adalah bagaimana bisnis juga menjadi sarana Anda dalam beribadah.

 

Peluang Bisnis Syariah

Islam memang sangat mengatur bagaimana penganutnya dalam melakukan muamalah atau interaksi sosial, termasuk di dalamnya tata aturan menjalankan bisnis.

Namun, bukan berarti seorang muslim tidak bisa memiliki bisnis sendiri. Selama masih sesuai dengan tata aturan Islam, maka seorang muslim dibebaskan untuk menjalankan bisnis syariah yang ia inginkan.

Berikut ini adalah beberapa inspirasi peluang bisnis syariah yang bisa Anda jalankan sesuai dengan kemampuan dan ketertarikan Anda!

Tapi, sebelum kita lanjut ke pembahasan berikutnya, apakah Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses? Salah satu kunci penting dalam berbisnis adalah manajemen keuangannya, lho.

Memisahkan antara arus keuangan bisnis dan keuangan pribadi tersebut sangatlah penting supaya usaha Anda dapat berkembang dengan lancar.